Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA

Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA merupakan salah satu cara untuk membuat modem agar lebih koneksi lebih cepat dan tidak sering disconnect sendiri. Tidak dapat dipungkiri lagi sinyal menjadi salah satu faktor yang penting agar dapat menggunakan internet dengan lancar dan tanpa sering mengalami disconnect.   Adakalanya saat kita sedang terhubung ke internet, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang digunakan melemah.

Adapun banyak penyebab sinyal modem ini lemah, salah satunya disebabkan oleh lokasi kita yang kurang memungkinkan untuk sinyal dapat menjangkaunya dengan baik atau bisa dibilang lokasi kita kurang strategis dan jauh dari sumber sinyal / tower. jika demikian maka salah satu cara yang dapat kita coba yaitu merubah setting pada aplikasi modem supaya mendapatkan sinyal yang bagus atau stabil.  Meskipun cara ini tidak menjamin sinyal akan meningkat secara signifikan tapi setidaknya ada peningkatan dari yang sebelumnya apabila modem tersebut tidak dalam pengaturan 3G/HSDPA. Baca juga : Cara mengubah Jaringan Android ke 3G / HSDPA / 4G LTE

Nah, untuk itu agar modem yang kita gunakan mendapatkan sinyal terbaik maka pengaturan modem juga harus benar yakni dengan merubah tipe jaringan / Network type menjadi WCDMA. WCDMA merupakan sebuah teknologi koneksi data untuk menyempurnakan jaringan GSM yang sudah ada sebelumnya. Teknologi ini juga banyak yang menyebutya dengan jaringan istilah '3G' atau 3rd.  Di sini saya akan menjelaskan untuk pengaturan modem jenis GSM saja, nah bagi sobat yang menggunakan modem CDMA silahkan berkomentar agar saya dapat membantu untuk melakukan setting.

Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA
  1. Buka aplikasi modem yang kamu gunakan (misalnya : Mobile Partner).
  2. Setelah itu pilih menu tools ➤ lalu pilih Options.
  3. Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA
  4. Klik Network ➤ lalu ubah Network Type menjadi WCDMA Only
  5. Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA
  6. Terakhir klik OK.
Oh iya, sebelum mengikuti langkah-langkah yang saya berika di atas. Pastikan modem dalam keadaan disconnect atau tidak konek karena kalau modem dalam keadaan connect maka pada langkah ke-3 sobat tidak dapat merubah Network Type.

Baca juga : Cara Mengatasi The Hosted Network Couldn't Be Started

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog komputermesh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA"

Posting Komentar