Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komputer

Mungkin teman-teman sempat berpikir tentang why should we learn computer deeply? In this century, we can see that everyone can use computer. Memang, inilah yang terkadang sempat menjadi perdebatan dalam memilih program studi Ilmu Komputer.

Padahal, di dalam perkuliahan nanti, mahasiswa Ilmu Komputer bukan dibekali dengan persoalan bagaimana prosedur ms. office, menghindari modem yang lelet, dan hal lain yang dianggap pada umumnya, tetapi bagaimana menerjemahkan bahasa manusia ke dalam kode-kode yang ada untuk bisa berkomunikasi dengan komputer sehingga dapat tercipta program, ataupun dapat menyelesaikan masalah (problem solving strategies) di bidang komputasi, and it's about 'coding' (dikutip dari penyampaian Pak Ruli Manurung dalam presentasi beliau saat PSAF berlangsung)

Terlebih lagi, pada saat ini di Indonesia kebanjiran sarjana atau lulusan komputer. Namun yang menjadi poin penting di sini ialah lulusan yang mana dulu? Dengan sekian banyak sarjana komputer yang ada, ternyata tidak sebanding dengan kualitas dalam ekspektasi dunia kerja.

Consider to the tag below-- (klik untuk memperbesar)




Dikutip dari http://arhamvhy.blogspot.com/
(Fakultas dengan prospek gaji tertinggi, data dari CNN berdasarkan sensus di Amerika sana yang bisa diperkirakan tak jauh berbeda dengan di Indonesia)

Lalu sebenarnya masa depan seperti apa yang dapat diterawang oleh seorang mahasiswa komputer?
Menurut Pak Riri Satria, dosen program Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dalam presentasi beliau di acara Pengenalan Sistem Akademik Fasilkom UI 2012, secara umum ada 6 tipe pekerjaan yang bisa ditempuh oleh lulusan IT:

1. Academic
--> pengajar dan peneliti di bidang IT (lecturer, scientist, dll)

2. Developer
--> pengembang teknologi IT (mobile apps, dll)

3. User
--> pengguna ahli bidang IT (staf banking, company, dll)

4. Consultant
--menjadi IT consultant (
memperkirakan, mengelola, menerapkan, menyebarkan, dan mengelola sistem TI atas nama bisnis)
 
5. Vendor
--menjual perangkat-perangkat IT (pebisnis alat-alat teknologi)

6. Customizer
--perancang IT (mendirikan perusahaan sendiri, mengelola IT, dll)

Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan IT. Namun secara garis besar dapat terangkum di 6 tipe pekerjaan tersebut.

Tipe pekerjaan mana yang diinginkan, itu tergantung pribadi masing-masing. So, it's depend on us, tinggal bagaimana kita dapat mewujudkan impian tersebut.
Hidup Mahasiswa!

-----------YIELD-------------------------------------
Komputer!
Masuknya sulit
FASILKOM
kelasnya elit
FASILKOM
sarana komplit
FASILKOM
Ilmu Komputer , Jaya!
To be number one..
FA- SIL- KOM
viva viva viva FASILKOM !!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komputer"

Posting Komentar